Monday, September 2, 2013

Perbedaan Kabel UTP dan STP

Dalam jaringan komputer dikenal adanya kabel UTP dan juga kabel STP. Kedua jenis kabel ini memiliki fungsi yang sama, yaitu seperti fungsi kabel UTP adalah untuk menghantarkan data-data dan informasi pada jaringan komputer. Hanya saja terdapat perbedaan antara kabel UTP dan kabel STP. Seperti apa perbedaan tersebut, dan apa yang membedakan antara kedua jenis kabel tersebut?

Untuk melihatnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini, yang mana antara kabel UTP dengan kabel STP terdapat sedikit perbedaan yang mempengaruhi kenerja dari kabel tersebut.

Perbedaan Kabel UTP dan STP

Kabel UTP atau Unshielded twisted-pair tidak memiliki pelindung atau pembungkus yang melindungi dari interferensi eletromagnetik dari luar. Pembungkus yang terbuat dari plastik hanya mampu melindungi kabel dari kerusakan fisik.

Sedangkan kabel STP atau Shielded twisted-pair mempunyai pelindung khusus yang terbuat dari logam dan berfungsi untuk menjaga agar tidak ada gangguan interferensi elektromagnetik yang mempengaruhi kinerja kabel.

Demikianlah kurang lebih sedikit info tentang perbedaan kabel UTP dan STP yang dapat dilihat pada jenis pembungkusnya yang tidak sama. Penjelasan lebih lengkap tentang macam jenis kabel STP akan kita ulas pada artikel mendatang.

No comments:

Post a Comment